WARNA
Warna bisa mewakili emosi dari karya tersebut sehingga pesan dari karya
tersebut bisa lebih mudah diterima oleh audience. Warna juga dapat digunakan
untuk menyorot elemen penting dan utama seperti subheads, member sinyal di
mana pembaca untuk melihat terlebih dahulu dan memprovokasi emosi.
Gambar panjang gelombang cahaya.
Warna ditimbulkan oleh perbedaan kualitas cahaya yang direfleksikan atau
dipancarkan oleh obyek. Pada saat kita melihat warna, sebenarnya kita melihat
gelombang cahaya yang dipantulkan atau dipancarkan oleh obyek yang kita lihat.
(Wartmann, 2004).
Sama seperti bentuk, warna memberikan kesan pesan yang lebih sangat
mendalam. Warna merah misalnya mengesankan semangat, kegairahan, dan
panas api. Atau warna ungu mengesankan kepucatan, layu dan tidak semangat.
Kombinasi antar warna memberikan kesan visual yang bervariasi yang tentu saja
berdampak pada kerja desain grafis. Seperti jelas pakar desain grafis David
Dabner dalam Design and Layout: Understanding and Using Graphics, warna
yang dipilih menimbulkan efek yang luar biasa pada kesan desain dan cara
orang meresponnya (feedback). Sedangkan sebuah obyek terlihat bersinar
karena memantulkan cahaya ke mata. Obyek akan terlihat transparan karena
cahaya menembus permukaannya, menyentuh obyek di belakangnya dan
Obyek yang terlihat karena cahaya :
Gambar yang memberi kesan yang dihasilkan warna :
No comments:
Post a Comment